6 fakta Dryport Gedebage (International Codeport 476) Bandung


Dryport Gedebage terletak di dekat stasiun Gedebage Bandung, atau tepatnya pada jalan raya Gedebage nomor 68 Bandung Jawa Barat. Berikut ini adalah 6 fakta mengenai pelabuhan darat dengan nomor dryport internasional 476 ini.


1. Satu-satunya Dryport Internasional Di Indonesia Saat Ini.


Sebenarnya ada dryport yang lain selain di Gedebage yakni di Jebres dan Jember, tetapi keduanya sudah tidak beroperasi lagi. Selain itu saat ini juga sedang diadakan pembangunan dryport di kawasan Jababeka.


2. Perjalanan  KA tidak sampai Pelabuhan Tanjungpriuk.


Merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi oleh pelabuhan darat ini, yang mengakibatkan terhambatnya perjalanan barang menuju pelabuhan Tanjungpriuk dan hanya berhenti di stasiun Pasoso yang kemudian dilanjutkakn dengan menggunakan truk.


3. Hampir Seluruh Prasarana Beroperasi Dari Tahun 1987.


Mungkin karena kurangnya peminat yang melakukan kegiatan ekspor barang melalui pelabuhan darat ini mengakibatkan kurangya perhatian terhadap pelabuhan ini. Dibuktikan dengan peralatan yang digunakan hampir seluruhnya digunakan sejak tahun 1987 dan belum pernah diganti.

4. Wilayah Pelabuhan Darat Yang Tidak Steril.


Salah satu cerminan pelabuhan internasional adalah steril dari warga sekitar atau minimal pelabuhan tersebut dijaga, tidak demikian dengan kondisi di pelabuhan darat ini, dimana banyak warga yang bisa bebas masuk kedalam wilayah pelabuhan ini. Perlu pemberitahuaan dan sosialisasi bagi warga sekitar yang sering masuk kewilayah ini.

5. Dapat Melayani Segala Jenis Kontainer.

kontainer Jumbo

Kontainer mulai dari ukuran 20 feet, 40 feet, dan Jumbo dapat digunakan melalui pelabuhan ini. Terowongan Pasoso yang dilewati kereta api barang dari Gedebage pun dapat dilalui karena terowongan ini telah diperbesar sehingga dapat dilalui oleh KA dengan kontainer jumbo sekalipun.

6. Menggunakan GD 2 bogie dengan 3 gandar dan 2 gandar.


Merupakan sarana perkeretaapian untuk mengangkut barang terkhusus untuk kontainer. PPCW merupakan gerbong datar dengan 2 bogie dimana tiap bogie terdiri dari 2 gandar, digunakan untuk mengangkut kontainer 20, 40 feet. Ada pula GD dengan 3 gandar di tiap bogienya yang digunakan untuk mengangkut kontainer ukuran jumbo.

Comments

  1. apakah saat ini drtyport gedebage menggunakan sistem menjemput container door to door?

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)