Apa itu MRT (Mass Rapid Transit)?

Apa itu MRT (Mass Rapid Transit)?
Setelah kemarin sempat tidak aktif dalam dunia maya karena terlalu sibuk dengan urusan dunia nyata, saat ini Roismini kembali lagi dengan tampilan template baru dan akan menyajikan informasi dan artikel-artikel yang lebih fresh.

Membicarakan mengenai perkembangan transportasi, saat ini sedang ramai dibicarakan adalah perkembangan pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) Jakarta atau biasa disebut dengan MRT-Jak, kemudian pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Namun sebelum membicarakan mengenai perkembangannya, apa kamu tahu apa itu MRT? nah untuk itu Roismini kali ini akan membahas mengenai Apa itu MRT (Mass Rapid Transit)?

MRT (Mass Rapid Transit) terdiri dari 3 point utama yakni Mass (daya angkut yang besar), Rapid (waktu tempuh singkat dengan frekuensi tinggi) dan Transit (berhenti dibanyak stasiun/pemberhentian). MRT sebenarnya adalah sebuah sistem transportasi yang mengandalkan 3 point diatas, dan bukanlah sarana transportasinya. Namun, belakangan ini informasi yang kita dapatkan mengenai MRT tidak menjelaskan tentang hal tersebut.

MRT sendiri memiliki beberapa jenis sistem seperti BRT, Commuter Rail System, LRT, dan Metro.

BRT (Bus Rapid Transit)
Apa itu MRT (Mass Rapid Transit)?
Bus TransJakarta
BRT ini merupakan angkutan masal yang berbentuk bus, menggunakan jalan raya dengan jalur tersendiri, berhenti di tempat yang telah ditentukan, dan memiliki waktu tempuh yang relatif singkat, memiliki jadwal perjalanan serta berfrekuensi tinggi. Kemudian dari segi prasarana yang digunakan BRT menggunakan jalan raya seperti halnya kendaraan jalan raya pada umumnya, namun ditempatkan pada jalur khusus dan tidak bercampur dengan kendaraan umum lainnya. Contoh BRT yang saat ini sudah ada adalah Bus TransJakarta yang sudah beroperasi sejak tahun 2004.

LRT (Light Rail Transit)
Apa itu MRT (Mass Rapid Transit)?
Tram di Alun-alun Surabaya (1929-1932)
Selanjutnya adalah LRT, hampir sama dengan BRT namun LRT menggunakan sarana berupa kereta ringan yang biasa kita sebut dengan istilah Tram. LRT berbentuk seperti rangkaian kereta api namun memiliki berat yang ringan layaknya bus (sekitar 20 ton) dibandingkan rangkaian kereta yang beratnya bisa mencapai 40 ton bahkan lebih. LRT biasanya hanya terdiri dari 4 rangkaian kereta (maksimal) sedangkan kereta bisa mencapai 8 bahkan 12 rangkaian (KRL). kemudian dari segi prasarana yang digunakan, LRT yang menggunakan jalan rel tersendiri yang bisa dipadukan dengan jalan raya. Sebenarnya jaman dahulu di Jakarta dan Surabaya sudah terdapat tram, namun sudah tidak digunakan lagi. Nah, berdasarkan berita yang beredar bahwa kota Surabaya akan membangun kembali LRT/Tram yang lebih modern.

Commuter Rail System
Apa itu MRT (Mass Rapid Transit)?
Kereta Commuter Jabodetabek
Kamu pasti tahu kan Kereta Commuter Jabodetabek (KCJ)? itu adalah salah satu contoh dari penerapan Commuter Rail System. Nah, berarti di Jakarta sudah ada MRT bukan?. Commuter Rail System ini merupakan angkutan masal yang menghubungkan beberapa stasiun dengan jarak yang lumayan panjang, jika dibandingkan dengan LRT, Commuter Rail System menggunakan kereta rel listrik yang pada umumnya memiliki berat sekitar 40 ton/kereta. kemudian dari segi jalan/jalur yang digunakan kereta commuter menggunakan jalur kereta api pada umumnya, yang ditempatkan tidak sejajar atau tidak diatas jalan raya, tidak seperti LRT yang bisa ditempatkan sejajar dengan jalan raya.
Baca Juga: Perjalanan Menggunakan KRL Jabodetabek (Bekasi-Jakarta Kota)
Metro
Apa itu MRT (Mass Rapid Transit)?
Metro (Subway) di New York
Metro merupakan sebutan untuk kereta listrik yang berjalan didalam tanah atau biasa disebut dengan subway. Karena tidak berjalan dipermukaan tanah maka dipastikan jalur yang digunakan tidak lagi bersinggunggan dengan jalan lain dan tidak ada lagi perlintasan sebidang.


Nah, mulai sekarang jangan salah kaprah lagi ya memaknai apa itu MRT! 
tetapi MRT Jakarta yang saat ini dibangun itu termasuk yang mana yah?

Terima Kasih.

Comments

Post a Comment

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)