Apa Itu Sarana Perkeretaapian ?

Apa Itu Sarana Perkeraapian ?. Hai semua..ketemu lagi dengan roismini lagi nih. Setelah sekian lama tidak pernah menulis artikel tentang perkeretaapain kali ini roismini akan berbagi ilmu sedikit mengenai sarana perkeretaapian. Kamu tahu kan perkeretaapian itu apa? betul sekali, perkeretaapian merupakan satu kesatuan sistem yang terdiri dari sarana, prasarana, SDM, serta aturan-aturan yang terkait penyelenggaraan transportasi kereta api. Terus, sarana perkeretaapian apa donk?

Lokomotif merupakan salah satu bentuk dari sarana yang digunakan dalam perkeretaapian. Dari hal tersebut pasti kamu sudah sedikit membayangkan apa itu sarana. Dari pada penasaran roismini kasih tahu deh. Berdasarkan UU Perkeretaapian, Sarana merupakan alat atau kendaraan yang bisa bergerak diatas jalan rel.

Terus apa bedanya sama 'kereta api' kan sama-sama dapat berjalan diatas rel?, sebenarnya sama saja, tetapi kereta api merupakan sarana perkeretaapian yang memiliki tenaga gerak, baik itu berpenggerak sendiri, ditarik atau didorong yang dirangkai dengan sarana perkeretaapian lainnya dan akan atau sedang bergerak dijalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api.

Intinya, sarana merupakan komponen perkeretaapian yang dapat berpindah-pindah atau bergerak. Selain kereta api ada juga lo sarana dalam bentuk lain seperti sarana yang digunakan untuk perawatan jalan rel. Nah, sarana yang seperti itu namanya adalah peralatan khusus.

Berikut ini adalah contoh dari sarana perkeretaapian.

Lokomotif


Lokomotif

Fungsi dari lokomotif adalah menarik atau mendorong rangkaian kereta atau gerbong.

Kereta

Kereta

Fungsi kereta adalah sebagai tempat mengangkut penumpang (orang). Karena digunakan untuk mengangkun manusia maka didalam kereta ini terdapat fasilitas-fasilitas yang menyangkut kenyamanan para penumpangnya. Ingat lo ya kereta bukan Gerbong!.

Gerbong

Gerbong

Berfungsi untuk mengangkut barang, baik itu barang curah, petikemas maupun barang-barang yang lain. Nah kalo ini baru gerbong yang gunanya untuk mengangkut barang bukan untuk mengangkut penumpang, maka pada gerbong tidak dilengkapi fasilitas untuk kenyamanan, kan yang naik benda mati. Tetapi selain benda mati ada pula gerbong yang digunakan untuk mengangkut hewan.

Peralatan khusus

Peralatan Khusus

Kalo yang ini tidak digunakan untuk mengankut barang maupun orang, melainkan digunakan untuk keperluan khusus dalam perkeretaapian. Contoh dari peralatan khusus ini adalah gerbong penolong.

Bagaimana nih udah pada faham dan tau kan Apa Itu Sarana Perkeretaapian ?.
Insyaallah kalau sempat #soksibuk nanti roismini akan menjelaskan Apa Itu Lokomotif.

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)