3 Alasan Menggunakan Domain .web.id

Alasan Menggunakan Domain .web.id


Setelah berjibaku dan mondar-mandir di blognya mas Sugeng buat nyari petunjuk tutorial ganti domain dari blogspot.com menjadi domain TLD, akhirnya alamat blog yang awalnya roismini.blogspot.com sekarang berubah menjadi roiz.web.id, tampak jelas perubahan yang terjadi pada blog pribadi saya ini. Salah satu perubahan dan keunggulan yang disebutkan oleh mas Sugeng adalah alamat blog menjadi pendek, ketika saya masih menggunakan domain gratisan jumlah huruf tanpa titik sebanyak 18 huruf dan kini menyusut menjadi 9 huruf saja. Selain jumlah huruf yang semakin sedikit, masih ada banyak keunggulan penggunaan TLD pada blog, seperti:

  1. Blog semakin dipercaya karena menggunakan domain berbayar.
  2. Blog semakin terlihat profesional dan tidak pasaran.
  3. Ada motivasi tersendiri untuk serius dalam dunia blog.
  4. dan masih banyak keunggulan dari penggunaan TLD ini.
Kembali lagi ke topik pembahasan, kenapa roismini.blogspot.com berubah menjadi roiz.web.id, kok enggak pakai roismini.com atau roismini.net? nah itu merupakan pertanyaan yang muncul dalam benak saya dan pembaca sekalian #mungkin, dan jawabannya akan saya bahas pada postingan kali ini. 

Berikut ini alasan kenapa saya lebih memilih domain .web.id ketimbang domain yang lainnya.

Domain .web.id murah

Mungkin ini adalah alasan utama saya kenapa saya menggunakan domain .web.id, jika dibandingkan dengan domain yang beredar, bisa dikatakan .web.id paling murah. Murah dalam artian tanpa diskon ataupun promo loh ya, soalnya ada lagi yang lebih murah tetapi cuma 1 tahun dan untuk tahun berikutnya malah bisa berkali-kali lipat biaya memperpanjangnya (contohnya domain .id yang sekarang sedang promo cuma 9900 rupiah saja, padahal biasanya domain ini dihargai sekitar 500 ribu rupiah). Memang sebetulnya domain .com atau .net bisa dikatakan standar dari segi harga, tetapi saya merasa domain tersebut terkesan "mubadzir" untuk seukuran blog pribadi sederhana saya ini, toh meskipun menggunakan domain apapun pada intinya ngeblog dinilai dari nulisnya kan?

Lebih Nasionalis

Nah, alasan yang kedua ini khusus ditujukan bagi para blogger di Indonesia, bagaimana tidak nasionalis, dilihat dari alamat blog saja semua orang di dunia mungkin sudah tau blog ini berasal dari Indonesia karena ada embel-embel id-nya. Kenapa lebih nasionalis kan cuma alamat blog?, dikatakan nasionalis karena blog yang menggunakan domain dengan embel-embel 'id' dibelakangnya akan lebih membanggakan lagi apabila sudah dikenal di seluruh penjuru dunia, dan dari hal tersebut pula penjuru dunia akan mengetahui bahwa Indonesia mempunyai blogger yang informatif dan bermanfaat, apalagi jika konten yang disajikan didalamnya juga banyak mengandung unsur kebudayaan dan hal-hal yang positif tentang negara kita.

Jarang digunakan

Alasan yang ketiga ini berjalan seirama dengan alasan yang kedua tadi, domain dengan embel-embel 'id' tentu hanya dapat digunakan dinegara Indonesia kan? jadinya peluang menemukan alamat blog yang pendek dan unik serta sesuai keinginan kita pasti masih banyak dibandingkan dengan doman-domain lain yang kebanyakan sudah digunakan diseluruh dunia. O iya saya ingat waktu berbincang dengan mas Priangga melalui Facebook, waktu itu saya menanyakan kepada mas Priangga,

Alasan Menggunakan Domain .web.id


kurang lebih seperti itu, dari alasan tersebut sudah jelas membuktikan bahwa masih banyak sekali peluang alamat blog unik dan singkat dapat digunakan dengan domain .web.id ini.

Betapa kagetnya saya waktu searching di google dengan kata kunci "priangga" yang muncul pertama kali adalah blognya mas Priangga yang menggunakan domain .web.id dibandingkan dengan domain internasional lainnya. dari hal tersebut dapat membuktikan alasan pertama saya diatas, bahwa kualitas blog bukan terletak dari domain yang digunakan melainkan tulisannya!

Mungkin saat ini hanya 3 alasan terkuat mengapa saya menggunakan domain .web.id. Apa ada yang bisa menambahkan alasan lain ? :).

Sekian kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.

Comments

  1. Replies
    1. terima kasih mas... :D
      ada saran nggak mas Pri ?? =D

      Delete
  2. Selamat! Tetap semangat ya :)

    ReplyDelete
  3. blognya keren mas, dan jaya untuk web.id :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih... :)
      hehehe iya sama-sama pengguna web.id nih ceritanya :D...

      Delete
  4. betul, web.id emang murah
    cocok buat ternak blog

    ReplyDelete
  5. Web id adalah ciri khas domain negeri kita mas, ada kebanggan tersendiri lah dalam memakainya |o|
    Salam Cara Terbaru [Udhy Asbudi]

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas...hal tersebut dengan alasan yang kedua saya diatas :-bd

      Delete
  6. wah menginspirasi untuk ganti domain nih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya nih mbak ..motivasi juga buat serius ngeblog :D
      apalagi postnya pake bahasa inggris kayak blog mbak :D

      Delete
  7. Saya juga udah beli Borneo.Web.Id, cuma belum saya tulis sampai sekarang. Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...lagi konsen sama yang bloggerborneo ya pak =D

      Delete
  8. Wah, pake dotcom kurang nasionalis nih , hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe tapi alasan terkuatnya yang pertama mbak...jadi ya...menyesuaikan :D

      Delete
  9. Pada akhirnya yang dilihat orang bukan domainnya, melainkan isi kontennya. Mau domain gratisan sekalipun kalau kontennya bagus, ya bakal dikunjungi orang-orang banyak. Hehehe. Sebenarnya masih banyak kok blogger besar yang masih make gratisan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju..hehe
      iya mas reza..buanyak betul...hehe..

      Delete
  10. Dulu, ini dulu banget ya saya bilangnya.. Domain web.id itu sedikit sulit bersaing di SE, tapi sekarang berubah. Balik lagi sih, mau domainnya yang mahal tapi kalau kontennya kurang baik ya gitu deh jadinya. Sia-sia.

    Nice post, mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah search engine ya?...emang pengaruh ya mas aldy?..
      iya mas kontennya yang pengaruh...
      terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak mas aldy :D

      Delete

Post a Comment

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)