8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi

8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi


Bekasi, merupakan salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang terkenal akan industrinya, bahkan saking banyaknya pabrik yang berdiri di kota ini menjadikan kota patriot ini memiliki suasana yang agak panas yang menjadikan Bekasi sering di bully di kalangan netizen. Meskipun dulu sempat sering dibully ada beberapa fakta menarik tentang kota industri ini. Berikut ini roiz.web.id sajikan untuk pembaca sekalian.

K.H. Noer Ali

8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi

Sosok pahlawan Bekasi yang begitu terkenal bagi masyarakat Bekasi. Memiliki julukan Belut Putih karena pada saat jaman penjajahan tokoh pahlawan ini sangat sulit ditangkap oleh para penjajah. Selain Belut Putih K.H. Noer Ali juga dijuluki dengan Singa Karawang - Bekasi. Nama K.H. Noer Ali saat ini juga diabadikan sebagai nama jalan didaerah Kalimalang.

Neneng Hassanah Yasin

8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi

Siapa yang tak kenal dengan sosok satu ini, ya beliau adalah Bupati Kabupaten Bekasi periode 2012-2017.  Tokoh yang dikenal dengan sebutan mpo Neneng ini adalah sosok bupati perempuan pertama yang memimpin Kabupaten Bekasi, selain itu beliau merupakan sosok bupati termuda yang pernah memimpin Kabupaten Bekasi ini, saat dilantik untuk memimpin Kabupaten Bekasi pada tanggal 14 Mei 2012 mpo Neneng berusia 31 tahun, 8 bulan.

Kawasan Industri Terbesar

8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi

Siapa yang tak mengetahui Bekasi terkenal dengan kawasan industrinya. Terbukti dengan jumlah perusahaan yang mencapai lebih dari 4000 perusahaan yang berasal dari berbagai belahan dunia menjadikan Bekasi sebagai kawasan industri terbesar di asia tenggara. Dari hal tersebut menjadikan Bekasi sebagai incaran para pencari pekerjaan untuk mencari nafkah.

Bahasa Bekasi


Bekasi memiliki bahasa sendiri yang digunakan oleh masyarakatnya. Bahasa yang digunakan oleh masyarakat bekasi asli adalah Bahasa Bekasi. Bahasa Bekasi ini merupakan bahasa yang dipengaruhi oleh 2 bahasa yakni bahasa Sunda dengan bahasa Betawi

Nama Desa 

8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi

Emang ada apa dengan nama desa di Bekasi?, Mayoritas nama desa yang digunakan di Kabupaten Bekasi ditulis tidak menggunakan spasi. Entah mengapa hal tersebut bisa terjadi, contohnya Mekarwangi, Wanasari, Sarimukti, Sukajaya dan masih banyak nama desa lain yang ditulis tanpa menggunakan spasi.

Saung Ranggon

8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi

Saung Ranggon merupakan sebuah bangunan yang terdapat di Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat. Bangunan ini merupakan bangunan tertua yang ada di Kabupaten Bekasi. Bangunan ini dibangun pada abad ke-16 dan ditemukan kembali pada tahun 1821. Saat ini Saung Ranggon telah menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Kesenian Ujungan


Salah satu kesenian khas Bekasi adalah Ujungan, kesenian ini memadukan antara seni bela diri, seni tari, dan seni musik. Namun, salah satu kesenian tradisional asli Bekasi ini tengah berusaha untuk bertahan dari terpaan arus modernisasi. Ayo kita gali dan pelajari lagi kebudayaan asli Negara kita, jangan sampai diakui oleh negara lain!

Harga Tanah Termahal

8 Fakta Menarik Kota dan Kabupaten Bekasi

Dengan banyaknya industri yang berdiri di Bekasi, menjadikan harga tanah dikota ini menjadi begitu mahal. Dikutip dari bekasiurbancity.com bahwa harga tanah di Bekasi rata-rata mencapai 3 juta rupiah per meter perseginya. Harga tanah tersebut termasuk mahal lo jika dibandingkan dengan kota-kota disekitarnya, seperti Bogor dan Karawang yang masih diangka 2 jutaan.

5 comments:

  1. Wow 3 juta permeter, huaaaaa mihil juga ya
    Aku taunya daerah sukmajaya ni tempat kakakku klo bekasi

    ReplyDelete
  2. Belum pernah ke Bekasi euy...cuma Jakarta dan Bandung aja. Eh itu kalau perjalanan Jakarta-Bandung, melintasi Bekasi gak ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung mbak andi...kalo naik bus lewat tol jadi bekasi cuma buat lewat aja..kalo kereta lewat stasiun bekasi kayaknya...sama-sama hanya lewat..hehe

      Delete
  3. Pernah tinggal di Bekasi, tapi belum tahu fakta-fakta menarik ini ^_^

    ReplyDelete

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)