Diawali dengan BNI Taplus Muda

Sebelumnya tulisan ini saya khususkan untuk mengikuti kontes blog yang diadakan oleh Bank Negara Indonesia dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke-70 tahun, serta sebagai salah satu hadiah bagi BNI yang sudah menemani saya kurang lebih selama 4 tahun belakangan ini.


Mengenal Lebih Dekat BNI

Sebelum menelisik jauh mengenai pengalaman saya dalam dunia perbankan yang dimulai sejak lulus dari SMA, rasanya tak pantas jika tidak berkenalan terlebih dahulu dengan salah satu perusahaan BUMN ini. Bank Negara Indonesia atau biasanya kita kenal dengan singkatan BNI ini merupakan bank tertua di Indonesia lo, buktinya BNI sudah berdiri sejak tanggal 5 Juli tahun 1946, sudah 70 tahun ya ternyata!. 

Diawali dengan BNI Taplus Muda
Kantor pusat dan Wisma 46
Dalam usianya yang sudah mencapai 70 tahun saat ini BNI sudah sangat berkembang dibuktikan dengan adanya 914 kantor cabang yang tersebar di Indonesia dan 5 kantor cabang di luar negeri (London, New York, Tokyo, Singapura, dan Hongkong) . O iya, Bank Negara Indonesia didirikan oleh salah satu anggota BPUPKI, yakni bapak Margono Djojohadikusumo. Nah untuk membahas lebih mendalam mengenai sejarah berdirinya Bank Negara Indonesia mari kita baca sejarahnya di bawah ini.

Sejarah BNI

Tepatnya pada tanggal 5 Juli 1946 Bank Negara Indonesia didirikan dan dipersiapkan untuk menjadi Bank Sirkulasi atau Bank Sentral yang bertanggung jawab untuk menerbitkan dan mengelola mata uang Republik Indonesia. Bapak Margono yang pada waktu itu menjabat sebagai Direktur Utama Bank Negara Indonesia sekaligus sebagai pendiri BNI yang mengusulkan  BNI untuk dijadikan bank sebagai Bank Sentral atau Bank Sirkulasi pada waktu itu. Setelah berdiri dan berjalan beberapa bulan BNI mulai mengedarkan alat transaksi pertamanya yakni Oeang Republik Indonesia (ORI). 


Diawali dengan BNI Taplus Muda
Oeang Republik Indonesia
Peranan BNI berubah menjadi bank pembangunan yang kemudian mendapatkan hak untuk bertindak sebagai bank devisa pada tahun 1955. Pada tahun itu juga BNI beralih menjadi bank umum yang ditetapkan secara yuridis melalui Undang-Undang Darurat nomor 2 tahun 1955.

Setelah berjalan beberapa tahun dengan berbagai inovasi perbankan yang luas, BNI mulai dipercayai oleh pemerintah untuk meningkatkan status hukumnya sebagai perusahan Persero dengan nama PT Bank Negara Indonesia pada tahun 1968. Nah, untuk memperjelas tulisan saya mengenai sejarah Bank Negara Indonesia silahkan melihat infografis dibawah ini.

Diawali dengan BNI Taplus Muda
Sejarah perkembangan BNI

Nah, setelah mengenal seluk beluk dan sekilah sejarah mengenai Bank Negara Indonesia saatnya saya menceritakan pengalaman saya ketika membuka rekening bank untuk yang pertama kalinya dengan Bank Negara Indonesia.

Awal Menggunakan BNI

Singkat cerita pada waktu itu saya masih menginjak bangku SMA tepatnya pada kelas 3 SMA dan waktu itu juga saya sudah melakukan  Ujian Nasional yang diadakan secara serentak di Indonesia. Setelah menunggu pengumuman, akhirnya saya dinyatakan lulus. Setelah lulus dari SMA sempat ada rasa bingung ingin meneruskan kuliah atau kerja kemana, setelah kurang lebih 1 bulan sempat terpikir dalam benak hati ingin membuat rekening bank atau tabungan terlebih agar bisa digunakan untuk menabung sekaligus memudahkan urusan transfer mentranfer uang dari orang tua saya jikalau sudah kuliah atau bekerja nantinya.

Diawali dengan BNI Taplus Muda
Kartu Kredit
Nah, setelah memikirkan dan memastikan untuk membuka tabungan atau rekening untuk pertama kalinya, sempat ada rasa bingung ingin membuka tabungan di bank apa kala itu, kemudian saya mencoba mencari info dari berbagai kalangan disekitar rumah saya dan diberbagai sumber di internet. Saya mendapatkan informasi dan saran yang paling banyak tertuju pada salah satu bank milik negeri ini yakni Bank Negara Indonesia.

Diawali dengan BNI Taplus Muda
BNI Jombang
Nah, setelah mendapat info tersebut saya bersama saudara dari orang tua saya langsung pergi menuju ke gedung Bank Negara Indonesia di kawasan kota saya di daerah Jombang Jawa Timur. Setelah sampai dan memarkirkan motor, lantas saya langsung menuju pintu masuk gedung ini, saya disambut seorang petugas keamanan di gedung BNI tersebut dengan senyum dan membukakan pintu dan langsung menanyakan

"Selamat datang di BNI, ada yang bisa kami bantu?" Tanya petugas tersebut setalah saya melewati pintu
"ini pak saya mau buka rekening baru" saya jawab demikian,
"o iya silahkan mengambil nomor antrian terlebih dahulu" jawab petugas keamanan tersebut sembari menunjukkan alat pencetak nomor antrain di dekat pintu.

Setelah masuk dan memegang nomor antrian saya menunggu beberapa saat, tidak lama nomor antrian saya disebutkan dan dengan ramah dan sopannya sang teller dari Bank Negara Indonesia ini menanyakan kepada saya,

"Selamat pagi, ada yang bisa kami bantu?" tanya seorang teller dengan ramahnya
"Ini mbak, masnya mau bikin nomer rekening/tabungan" jawaban dari saudara orang tua saya yang mengantarkan saya.
"Silahkan Ibu ke Costumer Service nomor 1 ya" dengan ramahnya sang teller sambil menunjuk ke arah tempat CS 1 berada.

Setelah duduk sebentar, akhirnya tiba waktunya saya duduk di depan mbak CS 1 nah disini saya dengan pengetahuan perbankan yang sangat minim ditanyai mengenai tabungan jenis apa yang ingin saya buat. Karena pengetahuan perbankan yang minim dengan polosnya saya menanyakan kepada mbak CS 1 ini

"Emang ada apa aja mbak jenisnya?" Tanya saya penasaran,
"Ada banyak sebetulnya mas tetapi saya sarankan ada dua jenis yaitu BNI Taplus dan BNI Taplus Muda" Jawab mbak CS 1 tersebut.

Nah mbak CS ini menyebutkan dua jenis tabungan dari berbagai macam jenis tabungan atau simpanan yang terdapat pada Bank Negara Indonesia yang dijelaskan secara rinci.

BNI Taplus

Diawali dengan BNI Taplus Muda
3 Jenis BNI Taplus
Tabungan ini dinamai Taplus merupakan akronim dari Tabungan Plus yang artinya para nasabah akan diberikan pelayanan PLUS dengan berbagai macam fitur didalamnya. Kemudian mbaknya menyebutkan persyaratan apa saja yang harus diberikan sewaktu membuka tabungan ini, diantaranya:

  • WNI Dibuktikan dengan KTP/SIM/Paspor sesuai dengan domisili dan cabang membuka rekening.
  • Setoran awal sebesar Rp250.000.
Nah selain syarat-syarat yang diberitahukan saya juga mendapatkan info mengenai fasilitas atau manfaat apa saja yang bisa saya dapatkan apabila menggunakan BNI Taplus ini seperti:
  • Kartu Debit BNI.
  • Layanan e-banking melalui channel BNI ATM, BNI Phone Banking, BNI SMS Banking, BNI Internet Banking dan BNI Mobile Banking.
Setelah selesai dengan beberapa penjelasan mengenai BNI Taplus kemudian saya diberikan penjelasan dan informasi lagi mengenai tabungan dari Bank Negara Indonesia berikutnya.

BNI Taplus Muda

Nah, saya sedikit bingung ini namanya hampir sama dengan yang awal tapi ada embel-embel kata "Muda". Kemudian mbak CS tersebut menyampaikan secara detail mengenai jenis tabungan yang memang secara khusus diperuntukkan bagi nasabah yang masih berumur antara 15 hingga 25 tahun ini. Mbak CS ini menjelaskan bahwa pada waktu itu BNI Taplus Muda masih tergolong baru dan merupakan turunan dari jenis tabungan yang sudah saya sebutkan tadi, BNI Taplus. Nah, bedanya kalo BNI Taplus Muda ini lebih ditujukan bagi para kaum muda yang ingin menabung tetapi dengan syarat dan ketentuan yang berbeda dengan jenis tabungan lain yang biasanya khusus untuk kalangan pebisnis. Memang sebenarnya bagi calon nasabah yang sudah memiliki KTP juga bisa memilih apakah ingin menggunakan BNI Taplus Muda atau BNI Taplus. 

Kembali lagi ke penjelasan mbak CS yang tadi, BNI Taplus Muda dibekali dengan banyak sekali fasilitas yang juga tak kalah dengan tabungan jenis lain seperti:
  • E-Banking yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara elektronik dari BNI ATM, BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, BNI Phone Banking, dan Mobile Banking.
  • Kemudian ada juga layanan notifikasi/pemberitahuan transaksi via SMS.
Kemudian mbak CS tadi juga menjelaskan beberapa syarat untuk membuka tabungan BNI Taplus Muda ini
  • Setoran Awal sebesar Rp100.000
  • Tanda pengenal baik itu KTP maupun Kartu Pelajar
Nah, baru sampai sini saja saya sudah tertarik dengan salah satu tabungan tersebut, jadinya saya memilih untuk membuka Tabungan BNI Taplus Muda sebagai tabungan atau rekening pertama saya.

Diawalai dengan BNI Taplus Muda
BNI Taplus Muda saya :D


O iya waktu itu saya membuka tabungan BNI Taplus Muda pada usia 17 tahun dan sekarang saya sudah berusia 21 tahun dan saat ini saya kuliah disalah satu perguruan tinggi kedinasan di daerah jawa barat, jadinya saya sudah menggunakan tabungan BNI Taplus Muda Selama kurang lebih 4 tahun. Dan memang benar banyak sekali fasilitas yang sudah saya rasakan. Sebagai contoh saya akan bahas dibawah ini.

BNI SMS Banking

Fasilitas SMS banking ini benar-benar sangat memudahkan saya untuk mengetahui saldo yang tersisa pada rekening BNI Taplus Muda saya. Selain itu melalui BNI SMS Banking, saya juga pernah menggunakannya untuk melakukan transfer dengan mudahnya. O iya bagi kamu para pemuda nasabah BNI Taplus Muda apabila ingin menggunakan fasilitas BNI SMS Banking caranya cukup mudah kok.
  • Pendaftaran BNI SMS Banking dapat dilakukan di ATM BNI yang tersebar diseluruh Indonesia
  • Setelah masuk pada menu utama ATM tekan pilihan menu "Registrasi e-Channel" dan pilih "BNI SMS Banking"
  • Selanjutknya kamu diminta untuk memasukkan nomor ponselmu dan nomor PIN yang digunakan untuk melakukan SMS Banking nantinya, jadi PIN SMS Banking boleh berbeda dengan PIN ATM kamu.
  • Apabila berhasil mendaftarkan nomormu ke BNI SMS Banking kamu bakalan menerima sms permberitahuan mengenai registrasimu.
O iya kalau daftar menggunakan ATM fitur untuk transfer masih belum dapat digunakan jadi untuk informasi dan fasilitas yang lebih lengkap saya sarankan untuk mendaftarkan BNI SMS Banking melalui cabang Bank Negara Indonesia terdekat.

BNI Internet Banking

Nah ini nih fasilitas dari Bank Negara Indonesia yang begitu membantu dan sangat saya manfaatkan, secara gitu, tanpa pergi ke ATM saya sudah bisa melakukan transaksi, pengecekan saldo dengan mudah didepan layar laptop saya. Dengan mengakses ibank.bni.co.id kemudian memasukkan identitas berupa username, password dan kode captha saya sudah bisa melakukan berbagai hal terkait perbangkan dengan mudah.

Cara registrasi BNI Internet Banking sangat mudah yakni bisa melalui ATM BNI disekitar kita. Hampir sama dengan cara mendaftarkan BNI SMS Banking yakni 
  • Setelah masuk menu utama ATM BNI masuk ke pilihan "Registrasi e-Channel" 
  • Kemudian pilih "Internet Banking" 
  • Setelah itu kamu masukkan PIN baru untuk akses ke BNI Internet Bankingmu. 
Nah, setelah mendaftar kamu akan menerima struk aktivasi internet banking melalui ATM, cara mengaktifkannya cukup mudah yakni kunjungi alamat ibank.bni.co.id dari browsermu dan klik di tulisan "klik disini" yang saya lingkari berwarna hijau pada gambar dibawah ini atau klik di area tulisan "klik disini" yang saya lingkari merah apabila kamu sudah pernah menggunakan fasilitas ini tetapi kamu lupa kata sandinya.

Diawali dengan BNI Taplus Muda
tampilan awal ibank.bni.co.id
Sama halnya dengan BNI SMS Banking, BNI Internet Bankning dapat digunakan untuk mengecek saldo yang tersisa di tabunganmu, selain itu dengan memiliki BNI eSecure kamu juga dapat melakukan transfer ke rekening Bank Negara Indonesia. 

Diawali dengan BNI Taplus Muda
Beranda BNI Internet Banking setelah memasukkan user id dan sandi
Bagi kalian yang ingin mendapatkan BNI eSecure ini caranya cukup mudah kok, cukup datangi cabang BNI terdekat dan tanyakan mengenai BNI eSecure dan dalam waktu 10 hari kerja BNI eSecure sudah dapat digunakan dan harus dilakukan pendaftaran BNI eSecure terlebih dahulu.

Diawali dengan BNI Taplus Muda
BNI eSecure
Mungkin hanya sedikit pengalaman saya menggunakan tabungan BNI Taplus Muda yang ditawarkan dengan berbagai fasilitas dan kemudahannya oleh Bank Negara Indonesia. Mulai dari pertama menggunakan dan hingga saat ini berbagai penawaran, fasilitas dan pengalaman yang saya dapatkan dari Bank Negara Indonesia dan rencanya sampai tua nanti saya akan tetap menggunakan Bank Negara Indonesia sebagai tempat menabung dan mengelola keuangan saya di masa yang akan datang. 

Dan melalui media ini pula saya ingin mengucapkan sesuatu khusus untuk BNI yang telah menemani saya selama ini,

Dimulai dari BNI Taplus Muda
Selamat ulang tahun BNI

akhirnya kurang lebihnya mohon dimaafkan, o iya jangan lupa untuk bercerita pengalaman kamu ya, silahkan ceritakan dikolom komentar dibawah ya :)

Terima Kasih.




Sumber referensi dan gambar:
http://www.bni.co.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Bank_Negara_Indonesia
http://agunkzscreamo.blogspot.co.id/2014/02/cara-daftar-registrasi-dan-aktifasi-e.html
https://www.youtube.com/watch?v=ZouylG7LMEY
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=843762&page=4
https://www.flickr.com/photos/thisisinbalitimur/23836373301/in/photostream/

32 comments:

  1. Good Luck. tulisannya informatif dan bahasanya ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe terima kaih mbak Nurjanah...
      Salam kenal ya :)

      Delete
  2. Nanti aku juga pengen menanung di BANK BNI, karena pastinya banyak keuntunganya. Btw sukses ya artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Jelas itu mas...pasti banyak keuntungan dan kemudahan dari fasilitas yang ditawarkan oleh bank milik Negara ini :)

      Delete
  3. lengkap nyooo, aku gak keburu bikin taplus muda, kenal BNI soalnya pas zaman kuliah, sukses ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak ev itu di blog puna mbak ev juga ada waktu BNI ultah yang ke 69 kemarin ya?? :D

      Delete
    2. Kalo BNI Taplus Muda kan masih baru katanya mbak waktu saya buat itu..#katanya :D
      o iya mbak terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak :D

      Delete
  4. Ih baru liat BNI secure, hadeeh kemana aja ini saya ya, udah belasan tahun jadi nasabahnya BNI. Tulisannya lengkap amat mas, Salam kenal moga sukses untuk kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. BNI eSecure mas., itu perangkat tambahan buat para pengguna internet banking mas..supaya bisa transfer dan transsaksi lainnya...biasanya kan dikenal dengan nama token kalo nggak salah..
      iya mas hendra...amin :)

      Delete
  5. kalau aku pakai BNI Syariah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. o iya BNI syariah setahu saya masih tetap Bank Negara Indonesia tetapi berdasarkan informasi yang saya dapatkan, BNI Syariah sudah spin of (memisahkan diri) yang kemudian menjadi PT Bank BNI Syariah :)...
      tapi tetep sama-sama Bank Negara Indonesia mbak..hehe
      Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak mbak Sari :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Informasinya lengkap ya, good luck :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe terima kasih mbak vindy telah berkunjung :)

      Delete
  8. sayang saya dah nggak jadi nasabah taplus muda soalnya memang BNI ini kadang ngajak untuk masuk ke asurransinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya bagaimana mas opickaza? masuk ke asuransi bagaimana ya? :)

      Delete
  9. Kapan pengumumannya ya mas??? Kok belum juga diumumkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas...infonya sih bakalan diumuman di web resmi BNI tetapi saya juga kurang info mengenai tanggalnya..kita tunggu saja mas Hendra..hehe

      Delete
  10. BNI dan artikelnya sama-sama keren masbro :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe terima kasih riz...tapi gegara salah konsep jadinya cuma bisa gigit driji (baca: jari) :D

      Delete
  11. pengen skli buat rekening di BNI tpi jauh ke kota,,,gk ada yg online ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat aja mbak di cabang BNI terdekat..setau saya kalo buat rekening baru musti datang langsung..nah baru kalau untuk transaksinya (transfer, pembayaran dll) bisa via online :)

      Delete
  12. BNI taplus muda bisa ngecek nama transfer yg masuk ke rekening kita ga yaa? Dan cocok ga utk pembisnis olshop? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya bisa, baik di atm maupun internet banking, cocok juga untuk pebisnis olshop yg masih baru dan kecil2.an..

      Delete
  13. Saya juga baru bikin dan katanya tidak ada buku tabungannya punya mas juga sama gak ya kayak saya? Jadi kalau atmnya ilang tidak ada buki tabungan nya takutnya jadi ribet ada solusi gak ya mas buat saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh saya ada buku tabungannya kok mas Ilham dari pertama bikin BNI Taplus Muda sudah dapet buku tabungannya mas,.
      coba di konfirmasi lagi sama pihak banknya deh mas, kan bahaya juga gk ada buku tabungannya.

      Delete
    2. Dari awal saya buka rekenjng emg gak ada buku tabungannya mas kata csnya. Saya juga liat di blog klo gak ada bisa request tpi pas saya ke cs minta request ternyata gak bisa juga jadi transaksi semuanya lewat email mas

      Delete
    3. untuk taplus muda sekarang memang gak ada buku tabunganya kemaren baru buat juga....

      Delete
    4. aku juga baru buat jd taplus muda ga ada buku rekeningnya lg. lewat email skrg

      Delete
  14. Kalo misalnya kita bikin taplus muda saat umur 22 tahun, di waktu umur kita udah lewat 25 tahun apa masih bisa digunakan? Atau kita mesti ganti ke taplus biasa?

    ReplyDelete

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)