Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang

Sebagian orang mungkin mengira wisata di Semarang hanya berupa wisata kota tua, klenteng gedung batu, kemudian MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah) yang terkenal sebagai masjid terbesar di Jawa Tengah, serta wisata-wisata yang lain yang ada disekitaran perkotaannya saja.


Siapa sangka kota yang meemiliki pelabuhan dengan nama Tanjung Mas ini juga memiliki wisata alam berupa pantai yang cukup beragam. Seperti Pantai Marina, Pantai Baruna, Pantai Maron serta pantai lainnya. Nah, kali ini saya ingin bercerita sedikit mengenai liburan saya ke salah satu pantai di kawasan kota ATLAS ini.
Baca Juga: Secuil Kisah Transportasi Semarang
Pantai Maron namanya, merupakan salah satu pantai yang ada di daerah Semarang. Letaknya cukup dekat dengan wilayah Bandara Udara Internasional Ahmad Yani Semarang, jadi sembari menikmati suasana pantai saya juga bisa melihat pesawat yang sedang lepas landas ataupun mendarat di bandara tersebut.
Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang
gapura masuk Bandara Internasional Ahmad Yani
Singkat cerita kami sudah berada dikawasan bandara dan kemudian menuju kepantai maron, memang lokasi pantai maron dapat ditempuh dengan memasuki kawasan bandara terlebih dahulu kemudian menyusuri jalan disamping bandara. Saking dekatnya dengan bandara saya sempat melihat pesawat yang akan mendarat tepat dari bawahnya saat melewati jalan ini.

Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang
kolong pesawat :D
Karena kurangnya perhatian pemerintah setempat jalan menuju kepantai maron ini hanya berupa tanah, yang ketika hujan pasti akan banyak genangan ari dan lumpurnya. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit dari bandara dengan mengendari motor, akhirnya saya sampai dipantai maron ini. Waktu tiba dipantai maron ini saya disambut hembusan angin laut yang begitu kencangnya.

Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang
kondisi jalan menuju pantai maron
Sayangnya rasa kecewa langsung hingap didiri saya ketika melihat kondisi pantai yang air lautnya sudah semakin naik tersebut, warung-warung yang banyak berdiri ditepi pantai juga mulai terkena genangan air laut yang semakin naik kedaratan tersebut. Selain air laut yang semakin tinggi dipantai maron ini cukup banyak sampah yang berserakan, apalagi dibibir pantainya cukup banyak sampah rumah tangga yang kemungkinan besar berasal di sekitaran pantai maron ini.

Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang
Pesawat yang akan mendarat
Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang
air laut yang naik kedaratan
Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang
Sampah berserakan dibibir pantai
Pantai maron, Pantai tersembunyi dekat bandara Semarang
Bertuliskan "Indah Pantaiku Sehat Lingkunganku"
Meskipun air lautnya sudah naik kedaratan kemudian sampah yang berserakan cukup banyak, tetap saja banyak wisatawan yang berfoto di sekitaran pantai ini.

O iya saya masuk pantai ini dikenai tarif sebesar Rp5000 untuk setiap kendaraan roda 2. Sekian wisata pantai maron yang bisa saya tulis, mungkin ada rasa kekecewaan terhadap linkungan pantai maron yang kian tak terurus, tapi apalah daya manusia sendiri yang melakukan ya manusia sendiri yang menikmati. :)

Comments

  1. waah sayang ya kurang terawat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sayang banget padahal kalo terawat bisa jadi alternatif wisata bagi warga sekitar semarang...

      terima kasih mbak udah berkunjung sekaligus meninggalkan jejak...hehe

      Delete
  2. Sayang sampahnya ya. Aduh.. Kebiasaaan orang kita. Harus diubah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan..parah memang..jadi gk enak dilihat..

      Delete
  3. Melihat kondisi pantainya Saya kira pantai ini tidak dikelola untuk tujuan wisata. Tapi ternyata ada tiket masuk 5000 ya. Berarti ada pengelolanya. Semoga segera dibenahi. Kan lumayan kalau masih banyak waktu menunggu keberangkatan para pejalan bisa berwisata ke tempat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru kalo saya mengira ini tempat wisata mbak evi...eh lakok tempat wisatanya kayak gini......
      dan pengelolanya kayaknya juga warga sekitar dan kurang meyakinkan..jadi kecewa kan dateng eh malah disuguhi wisata alam yang kurang terawat kayak gitu...hmm

      Delete
  4. ya Allah bener ya sampah di laut kita memang sudah banyak, duhhh ayo kita kurangi penggunaan sampah dan buang pad atempat yang benar

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak ev...kalo nggak mulai dari kita dan mulai dari sekarang kapan lagi .. ^_^

      Delete
  5. sayang ya .. pantainya tidak terurus begini .... lihat sampah di pantai ... bikin gemessss

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)