Perbedaan Kereta dan Gerbong !

Tulisan ini sebenarnya bertopik sama dengan salah satu tulisan saya yang sebelumnya, namun saya rewrite agar lebih mudah dipahami.
Yang dulu: Perbedaan Kereta dan Gerbong 
Melihat dari judulnya mungkin sebagian orang sedikit bingung mengenai hal ini, ya karena kebanyakan orang sudah biasa mengartikan kereta api dengan istilah gerbong untuk setiap rangkaiannya.

Nah karena kebiasaan tersebut yang sudah turun temurun jadinya ya istilah rangkain kereta api disebutnya gerbong. Padahal dalam dunia perkeretaapian istilah gerbong itu ditujukan untuk sarana perkeretaapian yang digunakan untuk mengangkut barang, hewan, dll, sedangkan kereta merupakan sarana perkeretaapian yang digunakan untuk mengangkut penumpang atau orang.

Perbedaan Kereta dan Gerbong !
Kereta Penumpang
Perbedaan Kereta dan Gerbong !
Gerbong Tertutup
Perbedaan Kereta dan Gerbong !
Gerbong Terbuka
Sebagai buktinya hal tersebut sudah tercantumkan didalam Undang-undang loh, kalo ndak percaya ini saya perlihatkan potongan gambar dari Undang-undang tentang perkeretaapian tersebut.
Perbedaan Kereta dan Gerbong !
Undang-undang no 23 tahun 2007 Pasal 96
Baca juga: Apa itu sarana perkeretaapian?
Selain dari pernyataan dari pemerintah melalui Undang-undang, ada juga pernyataan dari seorang pensiunan PT KAI yang sekarang menjadi dosen disalah satu perguruan tinggi kedinasan, dimana beliau merupakan seorang insinyur ahli dalam hal sarana perkeretaapian. Dalam bukunya yang berjudul Lokomotif & Kereta Rel Diesel di Indonesia, bapak Ir. Hartono AS, MM menyatakan bahwa

istilah kereta untuk menyebut kendaraan rel yang berfungsi untuk mengangkut penumpang lengkap dengan fasilitasnya dan gerbong untuk menyebut kendaraan rel yang berfungsi untuk mengangkut barang sehingga lebih mudah untuk menyebut kereta penumpang dan gerbong barang.
Perbedaan Kereta dan Gerbong !
Buku karya Bapak Hartono
Jadi gimana udah pada yakin dan percayakan, jangan salah lagi ya kalau gerbong itu istilah mengenai sarana perkeretaapian yang digunakan untuk mengangkut barang, hewan dll. Sedangkan kereta merupakan sarana kereta api yang digunakan untuk mengangkut orang / penumpang.

O iya ada satu lagi jenis sarana perkeretaapian yang biasa disebut dengan kereta parcel, kereta ini digunakan untuk mengangkut barang bawaan atau biasa disebut dengan kereta bagasi , kereta ini digunakan untuk mengankut barang-barang kecil berupa kardus-kardus paket maupun bagasi bagi penumpang kereta. Kereta ini biasanya dirangkai dengan kereta penumpang dan diletakkan tepat dibelakang lokomotif atau dirangkaian terahir yang juga berfungsi sebagai kereta aling-aling. Kereta aling-aling merupakan kereta khusus yang dipersiapkan dan digunakan oleh PT KAI sebagai pengaman dari bahaya kecelakaan kereta api.

Perbedaan Kereta dan Gerbong !
Kereta Bagasi atau Parcel

Baca Juga: Mengunjungi Balai Yasa Manggarai
Sudah pada tahu kan perbedaannya? jadi mulai sekarang jangan salah sebut atau salah sangka lagi ya kan gak lucu kalau manusia nanyain kayak gambar dibawah ini.

Perbedaan Kereta dan Gerbong !
Kereta apa gerbong?


Iya sih memang hal tersebut tidak terlalu penting bagi sebagian orang tetapi apa salahnya membenarkan yang kurang benar, terima kasih. salam roiz.web.id

Comments

  1. wah artinya banyak yang salah kaprah. aku sih menganggap gerbong itu yang yang bawa penumpang dan barang, kereta itu keseluruhan gerbong ternyata salah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo keseluruhan dalam satu rangkaian namanya kereta api mbak tira :D
      terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak.. :D
      dan salam kenal :)

      Delete
    2. selama ini saya berpikir kalau gerbong adalah bagian dari kereta, yang terdiri dari beberapa gerbong,.. rupanya ada juga yang senasib. hehehe

      Delete
    3. hehehe iya mas kebanyakan orang sudah terlanjur menganggapnya sama padahal sebenarnya tidak :)
      terima kasih mas zulham atas kunjungan dan telah meniggalkan jejak di roiz.web.id :)

      Delete
  2. Selama ini saya turut salah rupanya, menyebut gerbong untuk rangkaian kereta api. Jadi gerbong untuk barang-barang sementara kereta untuk orang. Baik lah Mas, thanks atas pencerahannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mbak evi sana-sama..hehehe :D
      terima kasih telah berkunjung lagi :D

      Delete
  3. hmm.. bentar.. saya kira gerbong dan kereta itu sama.. halah.. ternyata saya sotoy.. makasih mas.. gerbong itu berati untuk barang ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro nifsul..hehe
      terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di roiz.web.id ya :D

      Delete
  4. di tempat tinggal saya jasa angkutan kereta masih dalam proses pembangunan, sob... secara fisik belum pernah saya lihat langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah di Sulawesi ya...mantab itu nanti keretanya soalnya agak berbeda dan lebih maju disana nantinya :)
      semoga cepat selesai dan dapat dinikmati oleh masyarakat Sulawesi ya mas Zulhm :)

      Delete

Post a Comment

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)