Mengunjungi Depo Lokomotif Semarang Poncol

Mengunjungi Depo Lokomotif Semarang Poncol

Hai para pembaca sekalian, bagaimana kabarnya hari ini?, semoga sehat selalu dan menyenangkan ya..
Nah mumpung lagi di Semarang saya kemarin sempat main ke salah satu bengkel lokomotif kereta api yang ada di wilayah DAOP 4 Semarang. Penasaran kan bagaimana bengkel lokomotif kereta api ini yuk simak ulasan dibawah ini.

Depo Lokomotif Semarang Poncol

Pertama kali masuk tempat ini memang tak terlihat seperti bengkel-bengkel pada umumnya, karena lokasi dari perawatan dan pemeliharaan lokomotifnya dilakukan didalam bangunan yang tertutup jadi ya kelihatannya cuma ada parkiran, pos satpam dan tulisan "DEPO LOKOMOTIF SEMARANG PONCOL" saja. 

Setalah bertemu dengan pak saptam untuk izin memasuki dan bertemu dengan salah satu pegawai didalamnya saya dan Bayu masuk ke dalam wilayah depo tersebut. O iya saya ke depo lokomotif ini ditemani dengan Bayu teman sekelas saya yang juga satu bidang pada kelompok kami. 

Oke lanjut, setelah masuk dan bertemu dengan pegawai setempat guna mendapatkan izin untuk mengobrak-ngabrik melihat tempat ini saya dan bayu langsung berkeliling mengitari tempat yang tidak semua orang diizinkan untuk memasukinya tersebut.
Berkunjung ke Depo Lokomotif Semarang Poncol
CC 206

Fasilitas didalamnya

Nah yang namanya perawatan dan pemeliharaan lokomotif kereta api pastinya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang bejibun dan tentunya gede dan berat, secara gitu kan berat lokomotif juga lumayan tidak ringan. #eh


Gate Crane

Fasilitas yang pertama saya lihat adalah Gate Crane yaitu alat angkat tetapi yang bentuknya kayak gapura tapi bisa bergerak maju mundur sesuai lintasannya. Depo lokomotif ini memiliki 2 unit Gate Crane yang mampu untuk mengangkat beban maksimal 5 ton lo !.
Berkunjung ke Depo Lokomotif Semarang Poncol
Gate Crane


Lifting Jack

Selain alat angkat yang bentuknya kaya gapura ada juga alat angkat yang posisinya dibawah dan tentunya bentuknya cukup besar, tinggi dari Lifting Jack ini sekitar 2 meter dan biasa digunakan untuk mengangkat bodi dari lokomotif maupun KRD.
Berkunjung ke Depo Lokomotif Semarang Poncol
Lifting Jack
Untuk Lifting Jack yang terdapat di depo lokomotif ini memiliki 4 unit yang dapat mengangkat hingga 30 ton untuk 1 unitnya, jadi beban maksimal yang daat diangkat sekitar 120 Ton. Kalau istilah pada dunia otomotif biasa menyebutnya "dongkrak". Hehe


Gerbong Penolong (NR)

Terus ada lagi fasilitas lain yakni Gerbong Penolong, unik ya namanya kok gerbong penolong. Gerbong Penolong ini fungsinya ya sesuai namanya "nolong" waktu terjadi musibah atau kecelakaan kereta api. Didalam gerbong ini terdapat berbagai macam alat evakuasi, mulai dari dongkrak, mesin las, kemudian peralatan lain yang mendukung proses evakuasi kecelakaan.
Berkunjung ke Depo Lokomotif Semarang Poncol
Kereta penolong


Sepur kolong dan perawatan

O iya sama halnya seperti bengkel pada umumnya di depo lokomotif ini juga terdapat kolong perawatan yang biasa disebut dengan sepur kolong, sepur kolong ini digunakan untuk merawat bagian bawah dari lokomotif seperti bogie, alat pengereman dan segala jenis perangkat lokomotif yang terdapat dibagian bawah.
Berkunjung ke Depo Lokomotif Semarang Poncol
Sepur kolong


High Speed Diesel (Solar Lokomotif)

Setelah berkeliling saya juga sempat melihat proses pengisian bahan bakar minyak untuk lokomotif. Lokomotif diesel menggunakan bbm jenis solar, tetapi pihak PT KAI menamai solar tersebut dengan nama HSD (High Speed Diesel).
Berkunjung ke Depo Lokomotif Semarang Poncol
proses pengisian HSD #maafkurangfokus

O iya sudah pada tahu belum berapa kapasitas tangki bbm yang terdapat di lokomotif?. nah pada umumnya satu lokomotif mempunyai tabung HSD yang dapat menampung hingga 3500 liter HSD dan biasanya dalam satu kali pengisian lokomotif ini diisi sebanyak 1000 liter HSD bahkan lebih.

Gudang lokomotif dan gerbong

Nah, selain beberapa fasilitas yang sudah disebutkan diatas depo ini juga dijadikan sebagi tempat penimbunan lokomotif dan gerbong yang sudah tidak dipakai. Mulai dari lokomotif yang memang sudah berumur dan tidak terpakai serta ada juga KRD yang sudah tidak terpakai. Dan keseluruhan lokomotif maupun KRD yang tidak terpakai ini kondisinya sudah rusak parah.
Mengunjungi Depo Lokomotif Semarang Poncol
KRD Mangkrak
Ada satu hal yang mungkin banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang keberadaan meja putar atau Turn Table yang terdapat di DEPO Lokomotif Semarang Poncol ini.
Baca Juga: Jalan-jalan ke Dipo Lokomotif Jatinegara
Meja putar disini mirip sekali dengan meja putar yang terdapat di Depo Lokomotif Jatinegara, tetapi kondisinya saat ini kurang terawat dan kelihatannya tidak pernah dipergunakan untuk memutar lokomotif.
Mengunjungi Depo Lokomotif Semarang Poncol
Meja Putar
Nah, hanya itu yang bisa saya ceritakan saat saya mengunjungi bengkel lokomotif di Semarang ini, kurang lebihnya mohon maaf. Wassalamualaikum wr. wb. #eh *formal banget* :D


12 comments:

  1. wih jadi mau dong ke sana, kayaknya seru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget..hehe bisa lihat langsung isi perut lokomotif.. #eh :D
      terus lihat berbagai peralatan yang jarang ditemui di bengkel kendaraan umum mbak :)

      Delete
  2. Beruntung deh Mas Roiz diizinkan masuk ke dalam bengkel untuk melihat-lihat. Jadi nambah pengetahuan dan bertambah pula cerita yang bisa dibagi di blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak...buat nambah pengetahuan serta informasi ...sekalian ditulis biar nggak cuma saya saja yang tau..ya meskipun tulisan alakadarnya :D
      terima kasih mbak evi telah berkunjung... :)

      Delete
  3. wahh, asik bisa main ke bengkel lokomotif gini,, Jadi pengen cari tahu untuk daerah tempat tinggal saya apakah ada gk ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di medan ya...di Medan ada kayaknya mas..hehe
      coba tanya-tanya barangkali boleh melihat seluk beluk perawatan maupun perbaikan lokomotif disana :)

      Delete
  4. Wah beruntung sekali bisa mengunjungi bengkel lokomotif mas. Sayang ga dibuka secara umum. Kalau main kesini lagi aku mau banget lho mas diajak. #berharap

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya mas.. saya si mau mas ngajaknya..tapi kuatir malah dikira apa-apa ntar sama orang deponya :D #eh
      kalo di jogja juga ada kayaknya mas..

      Delete
  5. asik yah mas roiz bisa keliling wisata pas ramadhan kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe alhamdulillah sekalian wisata sekalian menuntut ilmu..:)

      Delete
  6. bisa masuk ke sana ya Roiz, itu izin biasa aja gitu ya, enaknya tau daleman lokomotif kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak ev..soalnya lagi PKL juga si,,jadinya surat-surat di cek juga :D..

      Delete

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)