Xiaomi Power Bank, Pilihan Tepat Saat Dalam Perjalanan !

Bisa dikatakan saya lumayan sering melakukan perjalanan ke luar wilayah Jombang, tempat saya dilahirkan dan orang tua saya saat ini tinggal. Mulai dari perjalanan dalam satu provinsi hingga yang di luar provinsi Jawa Timur. Apalagi di saat-saat bulan puasa menjelang lebaran seperti kemarin, pasti frekuensi bepergian pun kian meningkat.

Selain itu saat ini saya sedang menempuh pendidikan disalah satu sekolah tinggi di daerah Bekasi Jawa Barat. Otomatis perjalanan pulang kerumah cukup menguras waktu dan tenaga. Nah, dari perjalanan-perjalan tersebut saya pernah khawatir jika disaat yang dibutuhkan smartphone saya kehabisan baterai. Beruntunglah saya jika melakukan perjalan dengan menggunakan kereta api, karena kita tau sendiri saat ini kereta api sudah dilengkapi dengan colokan di setiap tempat duduknya.

Tapi suatu ketika saya pernah melakukan perjalanan dari Bekasi ke Jombang dengan menggunakan bus malam. Hal yang tak saya inginkan pun terjadi, disaat saya sedang asik chatting dengan kakak saya yang ada dirumah yang membahas mengenai lokasi penjemputan serta berbagai hal penting lainnya, smartphone saya memberitahukan bahwa baterai dalam kondisi lowbat.

Nah, disitu saya merasa sedih panik dan bingung ingin melakukan apa. Beruntunglah saya ketika mendapatkan pinjaman power bank dari seseorang yang duduk dibelakang kursi saya. Nah dari kejadian itu seketika itu saya mulai memikirkan betapa pentingnya salah satu perangkat elektronik ini, sayangnya karena saking banyaknya brand yang menjual power bank saya m3njadi bingun ingin membeli power bank yang seperti apa.

Berawal dari hal tersebut saya sering mencari referensi untuk memilih power bank yang berkualitas dan memiliki banyak keunggulan. Tapi sebelumnya sudah pada tau kan apa itu Power Bank ? ya betul sekali, power bank merupakan perangkat alat elektronik yang fungsinya sebagai tempat menampung daya baterai.

Nah, jadi gini biasanya kan smartphone memiliki baterai dengan kapasitas sekian mAh, saya yakin banyak dari kita merasa kurang akan kapasitas baterai bawaan smartphone. Memang sih saat ini banyak smartphone High-End yang sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas jumbo, tapi kan nggak semua orang juga make ntuh smartphone High-End kan? maka dari itu terciptalah power bank yang mampu menunjang kinerja dari baterai smartphone yang relatif kecil.

Setelah mencari referensi mengenai power bank berkualitas di berbagai sumber, saat ini saya sedang tertarik dengan salah satu brand yang menjual power bank dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya. Power Bank Xiaomi, ya betul sekali saya tertarik untuk memiliki power bank dari produsen smartphone asal negeri tirai bambu tersebut. Salah satu alasan saya tertarik dengan power bank ini adalah desainnya yang tampak kokoh dengan lapisan alumuniumnya serta bentuknya yang ergonomis.

O iya dari sumber yang saya baca, Xiaomi memiliki 3 jenis power bank dengan kapasitas baterai yang berbeda yakni 16000mAh, 10000mAh, dan 5000mAh. Nah dari pada penasaran dengan ketiga jenis power bank tersebut, berikut ini saya jelaskan keunggulannya berdasarkan sumber yang dapat dipercaya.

Kapasitas Penyimpanan



Kapasitasnya yang terbesar diantara ketiganya menjadikan power bank ini dapat digunakan untuk mengecas penuh beberapa smartphone seperti iPhone 6 yang dapat dicas hingga penuh sebanyak 5 kali, atau Xiaomi Redmi Note yang dapat dicas hingga penuh sebanyak 3,5 kali, atau iPad Mini yang bisa dicas hingga penuh sebanyak 2,5 kali.

Bisa dikatakan lebih dari cukup jika menggunakan power bank ini jika hanya digunakan ketika berada di perjalan. Kecuali bagi traveller yang doyan jalan-jalan dan foto-foto tempat menarik lo ya, rasanya dengan kapasitas sebesar ini masih kurang untuk mereka hehe.


Nah, selanjutnya adalah berkapasitas 10000 mAh. Dimana power bank dengan kapasitas 10000 mAh ini dapat digunakan untuk melakukan pengecasan penuh terhadap Xiaomi Redmi Note sebanyak 2,1 kali atau iPhone 6 sebanyak 3,5 kali atau iPad Mini sebanyak 1 kali. Memang kapasitasnya lebih kecil dibanding yang diatas, tapi saya rasa dengan kapasitas segitu sudah cukup untuk menunjang baterai smartphone.


Terakhir dengan kapasitas 5000 mAh. Meskipun memiliki kapasitas paling kecil diantara ketiganya power bank ini masih memiliki keunggulan dan kualitas yang sama kok dengan kedua power yang sudah saya jelaskan tadi. Power bank dengan kapasitas 5000 mAh ini mampu digunakan untuk melakukan pengecasan terhadap Xiaomi Redmi Note sebanyak 1 kali hingga penuh, atau iPhone 6 sebanyak 1,8 kali pengecasan hingga penuh. Nah untuk power bank ini kayaknya cocok bagi kamu yang hanya membutuhkan baterai cadangan disaat dalam perjalanan yang tidak lebih dari 1 hari perjalanan dan hanya memiliki 1 smartphone.

Input dan Output


Power bank yang pertama memiliki kapasitas 16000 mAh dibekali dengan dua unit colokan USB yang bisa secara bersamaan digunakan untuk keperluan pengecasan. Jadi seumpama disaat dalam perjalanan membutuhkan pengisi daya untuk smartphone dan kamera maka dapat menggunakannya secara bersamaan tanpa harus menunggu salah satu gadget terisi penuh terlebih dahulu, menarik bukan.




Sedangkan power bank dengan kapasitas 10000 mAh dan 5000 mAh hanya dibekali dengan 1 colokan USB yang bisa saya gunakan. Hal ini bisa dikatakan pantas karena secara kapasitas saja sudah berbeda. hehe

Cocok dengan Berbagai Jenis Gadget



Nah, meskipun power bank ini menggunakan brand Xiaomi, lantas tak menjadikannya hanya bisa digunakan untuk smartphone maupun tablet besutan Xiaomi saja. Power Bank ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam jenis gadget yang lain, mulai dari smartphone dengan brand selain xiaomi, seperti iPhone, iPad, smartphone dan tablet selain Xiaomi. Jadi jangan khawatir lagi ya Power Bank dengan merk Xiaomi ini mampu beradaptasi kok dengan berbagai pasangannya #cie.

9 Jenis Perlindungan




Ini salah satu keunggulan yang tidak semua merk power bank memilikinya. Dengan perlindungan pada chipnya yang diciptakan dari Texas Instrument menjadikan power bank ini dijamin keamanan dan kehandalannya dalam melakukan pengecasan dan penyimpanan dayanya. Jadi jangan kawatir smartphone rusak kalau menggunakan power bank dari Xiaomi ini.

Desain Ergonomis



Bentuk dari power bank dengan simbol tulisan "Mi" ini sangat ergonomis dengan lekukan di setiap sudutnya. Selain itu casing yang digunakan juga berupa alumunium yang dipastikan tahan terhadap korosi serta keausan serta tombol power yang bentuknya berupa cekungan alami. Xiaomi membentuk desainnya yang begitu ergonomis ini menggunakan teknologi CNC dan sandblasting yang menghasilkan permukaan yang begitu halus.

Bahkan salah satu power bank (5000 mAh) memiliki bentuk dan ukuran yang mungil, hanya setebal 9.9 mm, dan ukuran yang dapat dengan mudah masuk ke dalam saku kemeja.


Uji Gesek dan Ketahanan Berat



Nah selain kualitas dari sel-sel baterainya yang dapat diandalkan, power bank Xiaomi juga telah dilakukan pengujian nih, berupa pengujian kekuatan dengan cara dibeban dengan berat 50 kilogram, kemudian uji keausan dengan cara menggesekkannya sebanyak 300 gesekan, serta uji benturan sebanyak 2000 kali dibenturkan. Jadi jangan khawatir kalo seumpama ketika dalam perjalanan power bankmu terletak dibagian paling bawah tas dan menjadi tumpuan hidup.

Pilihan Warna


Pada awalnya saya beranggapan bahwa power bank ini hanya memiliki satu jenis warna,  ternya power bank ini juga dengan 3 pilian warna yang berbeda, warna-warna yang tersedia seperti warna merah, gold, dan silver dapat saya pilih sesuai selera saya. 

Kesimpulan

Nah setelah mendapatkan informasi yang begitu lengkap seperti yang sudah saya jelaskan diatas, saya rasa saya dapat memilih berbagai kapasitas power bank, mulai dari 5000 mAh, 10000 mAh, hingga 16000 mAh. Selain itu power bank dari Xiaomi ini juga memiliki pengamanan terhadap komponen kelistrikannya sebanyak 9 lapis perlindungan. Selain itu pula pada sisi bentuknya power bank ini dibekali dengan bentuk yang ergonomis serta dipastikan tahan terhadap korosi, keauasan karena sudah dilakukan berbagai pengujian ketahanan. O iya satu lagi saya bebas memilih warna-warna yang tersedia seperti merah, gold, atau silver.

Sekian tulisan singkat saya mengenai Power Bank Xiaomi yang secara khusus saya tulis untuk mengikuti lomba blog yang diadakan oleh mas Airul.id, kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih. :)


Sumber & Referensi :
http://airul.id/powerbank-xiaomi
http://www.mi.com/id/pb16000/
http://www.mi.com/id/pb10000/
http://www.mi.com/id/pb5000/

Comments

  1. Dari pertama punya hape Android, saya belum punya yang namanya power bank, hahahahahahahahaahaha, parah amat ya. Kalo hape lowbat parah di perjalanan, ya pasti mati... Keren nih ulasannya, semoga berjaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... kayaknya musti ada powerbank deh mas..saran saya..hehe
      soalnya gini kan bahaya juga waktu lagi genting dan penting eh alat komunikasi kehabisan baterai... :) selain itu bisa juga kan dibuat cadangan waktu jalan-jalan :)

      Delete
  2. Keren nih powerbank Xiaomi, saking kerennya, sampai banyak yang mambajaknya. Gimana ya cara membedakan barang asli dan palsunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kayaknya saya musti belajar dulu nih caranya membedakan yang asli sama yang palsu... :D
      segera lah saya buatkan ulasannya :D

      Delete
  3. Tulisanya Lengkap banget, Selamat Gan ...

    ReplyDelete
  4. Cie Cie Juara nich.
    Traktirannya dong hehehehe


    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah,,hehehehe....terima kasih mbak :D
      traktiran apa ini :D

      Delete
  5. kereeen review nyaa... lengkap, mantabbss :D

    ReplyDelete
  6. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. Dear Valued Customer,

    Do you need a loan?
    Do you need financial help?
    Does your firm, company or industry need financial assistance?
    Do you need finance to start your business?
    Do you need finance to expand your business?
    Have you applied for loan online before (yes or no)
    Company Email : (Emaill: bdsfn.com@gmail.com)
    Company Email : (Emaill: bdsfn.com@gmail.com)
    Company Email : (anatiliatextileltd@gmail.com)
    Company Motto : Your Happiness is our Award for Good Service (getting your financial stand is all we desire)
    Stay blessed,
    Mrs. Magaret Becklas


    Dear Valued Customer,

    Do you need an urgent financial credit ***? * Very fast and direct transfer to your bank account * Repayment starts eight months after you get the money bank account * Low interest rate of 1% * Long-term repayment (1-30 years) Height * Flexible ***then monthly payment *. How long will it be financed? After submitting the application *** You can expect a preliminary answer less than 24 hours funding in 72-96 hours after receiving the information they need yours.
    LOAN INFORMATION NEEDED:
    Name :
    Country :
    Phone number :
    Amount Needed as Loan :
    Purpose of Loan :
    Have you applied for loan online before (yes or no)
    Company Email : (anatiliatextileltd@gmail.com)
    Company Email : (Emaill: bdsfn.com@gmail.com)
    Company Motto : Your Happiness is our Award for Good Service (getting your financial stand is all we desire)
    Best Regards

    ReplyDelete

Post a Comment

Jangan lupa ya tinggalkan komentar :)